tentang kita dan dunia

Ceritakan padaku sebuah mimpi

Gempa besar Chili; tsunami mengancam Pasifik

Talca, Chili – Sebuah gempa bumi melanda Sabtu pagi chili, rumah-rumah roboh, jembatan ambruk dan truk terjun ke bumi retak. Tsunami berangkat dengan besar-terancam gempa 8,8 setiap bangsa di sekitar Samudera Pasifik – kira-kira seperempat dari dunia.

Menteri Dalam Negeri Edmundo Perez Yoma mengatakan gempa yang paling kuat untuk memukul negara dalam setengah abad menewaskan setidaknya 82 orang, tetapi jumlah korban tewas meningkat dengan cepat.

Di kota Talca, hanya 65 mil (105 kilometer) dari pusat gempa, wartawan Associated Press mengatakan Roberto Candia merasa seolah-olah telah raksasa menyambarnya dan terguncang-nya.

Kota pusat sejarah, penuh dengan bangunan-bangunan dari batako lumpur dan jerami, sebagian besar runtuh, meskipun sebagian besar dari mereka adalah bisnis yang tidak dihuni selama 3:34 (1:34 am EST, 0.634 GMT) gempa. Tetangga menarik sedikitnya lima orang dari puing-puing sementara para pekerja darurat, mereka sendiri bingung, meminta informasi dari wartawan.

Banyak jalan yang hancur, dan listrik, air dan saluran telepon dipotong untuk berbagai bidang – yang berarti tidak ada kata kematian atau kerusakan dari banyak daerah-daerah terpencil.

Di ibukota Chili Santiago, 200 mil (325 kilometer) timur laut dari pusat gempa, sebuah mobil tergantung dari jembatan yang runtuh, nasional Museum Seni Rupa rusak parah dan sebuah gedung apartemen berlantai dua parkir pancaked, menghancurkan sekitar 50 mobil yang alarm berdering tanpa henti.

Para ahli memperingatkan bahwa tsunami bisa menyerang di mana saja di Pasifik, dan Hawaii bisa menghadapi gelombang terbesar sejak 1964 mulai pukul 11:19 (4:19 pm EST, 2119 GMT), menurut Charles McCreery, direktur Pusat Peringatan Tsunami Pasifik .

Gelombang tsunami cenderung memukul Asia, Australia dan Selandia Baru pantai dalam waktu 24 jam setelah gempa. Pantai Barat AS dan Alaska, juga terancam.

Sebuah gelombang besar menyapu ke kawasan penduduk di Pulau Robinson Crusoe, 410 mil (660 kilometer) di lepas pantai Chili, Presiden Michelle Bachelet mengatakan, namun tidak ada laporan segera kerusakan besar.

Bachelet tidak memiliki informasi mengenai jumlah orang yang terluka. Dia menyatakan sebuah “negara bencana” di pusat Chili.

“Kami telah gempa bumi besar, dengan beberapa gempa susulan,” katanya dari pusat tanggap darurat. Dia bilang chili belum meminta bantuan dari negara lain, dan mendesak Chili untuk tidak panik.

“Sistem ini berfungsi. Orang-orang harus tetap tenang. Kami sedang melakukan segala sesuatu yang kita dapat dengan semua kekuatan yang kita miliki. Setiap informasi yang kami akan berbagi dengan segera,” katanya.

Gempa susulan yang kuat mengguncang pantai Chili – 24 dari mereka sebesar 5 atau lebih dan salah satu besarnya mencapai 6,9 – US Geological Survey melaporkan.

Di Santiago, bangunan modern yang dibangun untuk tahan gempa, tetapi banyak yang lebih tua mengalami kerusakan berat, termasuk Nuestra Senora de la Providencia gereja, menara lonceng yang ambruk. Sebuah jembatan di luar ibukota juga runtuh, dan setidaknya satu membalik mobil terbalik.

Beberapa rumah sakit dievakuasi kerusakan akibat gempa bumi, kata Bachelet.

Santiago’s bandara akan tetap ditutup selama paling sedikit 24 jam, direktur bandara Eduardo del kata Pupuh. Terminal penumpang mengalami kerusakan besar, katanya kepada televisi Chili dalam sebuah wawancara telepon. Gambar televisi menunjukkan jendela pecah, sebagian langit-langit runtuh dan hancur trotoar pejalan kaki.

Santiago’s kereta bawah tanah ditutup juga dan ratusan bus terjebak di terminal oleh jembatan yang rusak, Menteri Perhubungan dan Telekomunikasi mengatakan kepada televisi Chili. Dia mendesak Chili untuk membuat panggilan telepon atau perjalanan hanya ketika benar-benar diperlukan.

Candia sedang mengunjungi istrinya 92-tahun-nenek tua di Talca ketika gempa melanda.

“Semuanya jatuh – peti laci, semuanya,” katanya. “Aku sedang tidur dengan 8-tahun putra berusia Diego dan aku berhasil untuk menutupi kepalanya dengan bantal. Rasanya seperti turbulensi utama di pesawat terbang.”

Dalam Concepcion, 70 mil (115 kilometer) dari pusat gempa, perawat dan mendorong penduduk yang terluka di jalan-jalan dengan tandu. Lain berjalan sekitar dalam keadaan linglung terbungkus dalam selimut, beberapa membawa bayi di lengan mereka.

Concepcion, Chili terbesar kedua kota, adalah 60 mil (95 km) dari kota ski Chillan, sebuah pintu gerbang menuju resor ski Andes yang hancur dalam gempa bumi 1939.

Gempa juga mengguncang bangunan di ibukota Argentina Buenos Aires, 900 mil (1.400 kilometer) jauhnya di sisi Atlantik Amerika Selatan.

Marco Vidal, direktur program Grand Circle Travel yang melakukan perjalanan bersama sekelompok dari 34 orang Amerika, berada di lantai 19 dari hotel Crown Plaza Santiago ketika gempa melanda.

“Semua hal yang mulai jatuh. Lampu-lampu, semuanya, yang terjadi di lantai,” katanya. “Aku merasa ngeri.”

Cynthia Iocono, dari Linwood, Pennsylvania, kata dia pikir pertama gempa adalah kereta api.

“Tapi kemudian aku berpikir,` Oh, tidak ada kereta api di sini. ” Dan kemudian lampu terbang dari lemari dan TV saya terbang ke lantai dan jatuh. ”

Gempa melanda setelah konser penonton telah meninggalkan Amerika Selatan festival musik terkemuka di kota pesisir Vina del Mar, tapi menangkap partiers meninggalkan disko.

“Itu sangat buruk. Orang-orang menjerit. Beberapa orang berjalan, orang lain muncul lumpuh. Aku adalah salah satu dari mereka,” Julio Alvarez kepada Radio Cooperativa.

Peringatan Tsunami Pasifik Pusat menyerukan “tindakan segera untuk melindungi nyawa dan properti” di Hawaii, yang merupakan di antara 53 negara dan teritori tunduk pada peringatan tsunami.

“Pembacaan permukaan laut menunjukkan tsunami yang dihasilkan. Ini mungkin telah merusak di sepanjang pantai di dekat pusat gempa gempa bumi dan juga bisa menjadi ancaman bagi lebih jauh pantai,” kata pusat peringatan. Itu tidak mengharapkan tsunami di sepanjang barat Amerika Serikat atau Kanada.

Terbesar yang pernah tercatat gempa bumi melanda wilayah yang sama dari Chili pada 22 Mei 1960. Besarnya-gempa 9,5 membunuh 1.655 orang dan meninggalkan 2 juta kehilangan tempat tinggal. Bencana tsunami itu menyebabkan orang membunuh di Hawaii, Jepang dan Filipina dan menyebabkan kerusakan pada pantai barat Amerika Serikat.

___

Eva Vergara melaporkan dari Santiago, Chili. Associated Press Television News kamera Mauricio Cuevas di Santiago dan AP penulis Sandy Kozel di Washington memberikan kontribusi terhadap cerita ini.

Sumber

Filed under: berita, , , , , ,

3 Responses

  1. richocean mengatakan:

    smoga lebih tidak parah dibandingkan gempa Haiti ….

    jika berkenan kembali, berkunjung ke blog saya utk sharing sedikit gempa termasuk Chili.

    izin ikut sharing fotonya….

  2. meiriza mengatakan:

    pakai gugel translate bang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Photobucket

Kategori

Iklan

Adsense IndonesiaCO.CC:Free DomainCO.CC:Free DomainAdsense Indonesia

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 7 pengikut lainnya

My Profile

Romi Mardela merupakan seorang anak manusia yang terlahir sebagai anak yang selalu ingin belajar dan terus belajar (siapa juga yang tidak mau belajar, bung?)
....selengkapnya

Chat with me (id: romymardela)


yang lagi online

Aku Berpikir Maka Aku Ada

Kita mempunyai jumlah wak tu yang sama meskipun kemampuan yang kita miliki tidak sama. Tapi orang yang memanfaatkan waktu dengan lebih baik sering kali mengalahkan mereka yang punya kemampuan lebih banyak. (anonim)

Just follow me…

 

Profil Facebook Romi Mardela

Blog Stats

  • 65,085 hits
%d blogger menyukai ini: